Senin, 21 Maret 2011

Seleksi Jalur Undangan ITB Diminati 12 Ribu Siswa

Jumlah calon mahasiswa yang berminat masuk Institut Teknologi Bandung dari jalur undangan membeludak. Hingga penutupan waktu pendaftaran pekan lalu, jumlah pendaftar mencapai 12.671 orang. Mereka memperebutkan hampir 2.000 kmsi.

Wakil Rektor ITB Bidang Mahasiswa dan Akademik Carmadi Machbub mengatakan pendaftar jalur undangan berasal dari 500 lebih sekolah menengah atas di seluruh Indonesia. "Paling banyak dari Jakarta dan Jawa Barat," kata Carmadi di gedung Rektorat ITB, Bandung, kemarin.

Fakultas dan sekolah di ITB yang menjadi favorit pilihan para calon mahasiswa tak berubah dari tahun sebelumnya. Fakultas Teknik Industri berada di posisi teratas dengan 4.667 pendaftar.


Peringkat kedua Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan yang dipilih oleh 4.209 orang. Pilihan ketiga jatuh ke Sekolah Teknik Elektro dan Informatika yang diminati 3.916 pendaftar.

Carmadi mengatakan saat ini panitia penerimaan mahasiswa baru ITB sedang melakukan seleksi berdasarkan prestasi akademik semua pendaftar jalur undangan. Hasilnya akan disampaikan ke panitia seleksi nasional pada 9 April 2011. Pengumuman penerimaan jalur undangan akan dilakukan pada 18 Mei 2011.

ITB mulai tahun ini membuka pendaftaran mahasiswa baru lewat dua jalur, yakni jalur undangan 60 persen (hampir 2.000 orang) dan jalur seleksi tertulis 40 persen (1.200 kursi). Jalur undangan ini digunakan untuk mendapatkan calon mahasiswa dari pelajar pintar SMA.

Masih banyak siswa pendaftar yang belum mengerti soal mekanisme jalur undangan ini."Mereka bertanya ke kami kapan ujiannya, padahal tidak ada tes buat jalur undangan," kata petugas pusat informasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri panitia lokal Bandung, Tri Nurmalasari, kemarin.

Karena kurang memahami cara pendaftaran, 171 siswa SMA dari Kota Bandung dan Kabupaten Bandung dinyatakan gugur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar